Post-PC Era (Era Post PC)


Kapankah Era Pasca PC Tiba? Apakah hanya ini.

Ada banyak perdebatan tentang apa era pasca-PC, kapan akan tiba, atau apakah itu sudah di sini. Tapi potongan kunci data baru, muncul minggu lalu, membuat kasus bahwa kita melewati garis imajiner dari era "PC" ke era "pasca-PC" pada akhir tahun 2011. Menurut analis Canalys, dua tonggak komputasi utama dicapai pada akhir tahun ini: pengiriman smartphone melebihi PC untuk pertama kalinya, dan Apple menjadi pembuat PC terbesar di dunia, jika Anda menghitung iPads sebagai PC (dan juga Anda harus) .


Gabungan, apa angka-angka ini menjelaskan kepada kita bahwa era pasca-PC yang terjadi sekarang. Sekarang. Dan mungkin kita harus berpikir tentang bagaimana kita mendefinisikan "PC."

Pada Q4 2011, vendor smartphone dikapalkan 158.500.000, naik 57% pada 101.200.000 unit dikirimkan pada Q4 2010. Untuk tahun ini, ada 487.700.000 unit dikirimkan, naik 63% pada 299.700.000 unit dikirim pada tahun 2010. Sementara itu, pasar PC global tumbuh hanya 15% pada 2011-414.600.000 unit. Smartphone telah menang.

Hal yang lucu tentang itu jumlah pengiriman PC adalah bahwa, dengan sendirinya, tidak melukis gambar yang paling akurat dari lanskap PC saat ini. Tidak ada 414.600.000 desktop, notebook dan komputer netbook dikapalkan di tahun 2011 - mereka berada di 112400000, 209600000 dan 29,4 juta. Jumlah 414.600.000 63.200.000 termasuk dalam pengiriman "pad", istilah yang lebih disukai Canalys untuk tablet. Itu berarti 15% dari pengiriman "PC" pada tahun 2011 adalah tablet, terutama iPad Apple. Pada Q4, tablet adalah 22% dari pengapalan PC total. Dan segmen tablet pasar tumbuh 274,2% dari tahun ke tahun.

Juga di Q4 2011, Apple menjadi terkemuka di dunia "PC" vendor (jika Anda menghitung iPad sebagai PC) dengan 15 juta iPads dan 5 juta Mac dikirim, mewakili 17% dari 120 juta PC dikapalkan jumlah klien pada Q4. Ini menyusul HP (sekarang # 2), Acer, Dell dan Lenovo dalam proses.

Secara keseluruhan, pasar PC tumbuh 16% tahun-ke tahun, Canalys mencatat bulan lalu. Tanpa tablet, itu menurun 0,4%.

Tentu saja, masih ada pertanyaan apakah atau tidak tablet harus dipecahkan menjadi kategori komputasi sendiri, diposisikan melawan "PC" tradisional ketika pelacakan pengiriman perangkat. Untuk apa nilainya, saya pikir tidak apa-apa untuk menghitung tablet PC - setelah semua, PC berarti "komputer pribadi", bukan "mesin yang menjalankan Windows." Fakta bahwa kita masih menyamakan kata dengan desktop, monitor, keyboard dan mouse combo adalah sebuah bukti dari Microsoft kerajaan dibangun, dan sekarang kalah.

Contoh kasus: pengiriman netbook turun 25,3% dari 2010 hingga 2011. Desktop tumbuh 2,3% remeh dan notebook tumbuh hanya 7,5%. Ini adalah akhir dari era "PC" dalam tindakan. Sementara 209.600.000 pengiriman notebook masih membuat bahwa kategori terbesar "PC," tren pertumbuhan di sini, jika berkelanjutan, mendikte itulah yang hanya masalah waktu sebelum shift untuk tablet menjadi lebih jelas.

Pikirkan tentang hal ini: apa "PC" pertama yang akan Anda beli untuk anak Anda, sebagai anggota baru untuk generasi komputasi pasca-PC? Jika Anda menjawab "notebook," aku akan mengatakan kau bohong. Bahwa anak adalah mendapatkan sebuah iPad, bahkan jika mereka akhirnya mencuri milikmu. Jika tidak iPad, maka mereka mendapatkan telepon.

Dan smartphone PC juga. Yang paling terjangkau yang.

Ini kuartal terakhir, pengiriman smartphone menyalip PC, sebuah tonggak yang sangat penting yang berbicara banyak tentang keadaan zaman modern komputasi. Komputer-di--saku Anda telah bergerak dari "segmen produk niche pada akhir tinggi dari pasar ponsel untuk menjadi proposisi pasar massal benar-benar," jelas Canalys perubahan.

Pada Q4, Apple memecahkan rekor dengan pengiriman 37 juta iPhone - yang paling pernah dikirimkan oleh vendor tunggal di seperempat. Sebelumnya, Nokia memegang rekor dengan 28,3 juta ponsel dikapalkan pada Q4 2010. Apa perbedaan tahun membuat.

Tapi Canalys memperingatkan bahwa mereka mengharapkan untuk melihat pertumbuhan pasar smartphone lambat pada 2012, sebagai vendor berolahraga "kontrol biaya yang lebih besar dan disiplin" untuk fokus pada profitabilitas. Ini adalah catatan hanya sumbang laporan tersebut. Pertumbuhan smartphone memperlambat? Tidak ada pelanggaran untuk para analis, tapi aku akan percaya bahwa suatu ketika saya melihatnya. Hanya menonton penjualan Apple sendiri, jelas Anda tidak bisa meremehkan kekuatan untuk memberikan pemecahan rekor angka. Selain itu, hanya karena vendor seperti HTC dan Motorola akan meluncurkan model smartphone yang lebih sedikit pada tahun 2012, yang tidak (harus) berarti mereka akan menjual ponsel secara keseluruhan lebih sedikit. Jika ada, perusahaan berharap bahwa fokus mereka meningkat pada perangkat "pahlawan" akan membantu mereka meningkatkan penjualan.

Satu hal yang jelas, namun: bahwa pasca-era PC semua orang sudah membicarakan sejak hari frase tergelincir dari bibir Steve Jobs telah tiba. Kami menjalaninya. Setiap orang yang membuang-buang waktu mereka berdebat keberadaannya (tablet PC ponsel ini PC!!) Yang berdebat semantik. Pergeseran itu sendiri, apapun yang Anda ingin menyebutnya, sedang terjadi.

Jadi mungkin "pasca-PC" bukanlah istilah terbaik. Jika semuanya itu PC, maka mungkin apa yang kami raih adalah sesuatu yang lebih mirip dengan "PC mana saja." Tidak menarik, meskipun.

(source : Techcrunch.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : YBG