7 Gedung Terunik Di Dunia

7 Gedung Terunik Di Dunia

           Beberapa bagunan unik di dunia gagal dibangun karena biayanya kelewat mahal, ditentang penduduk sekitar atau  karena resesi ekonomi. Bahkan ada bagunan yang setengah jadi terpaksa dihentikan karena alasan biaya. Di bawah ini 7 bagunan unik di dunia yang sudah dibangun dan pernah dibangun. 


Penang Global City Center gagal dibangun


1.  Aqua Tower USA
Gedung dengan desain unik ini tingginya 250 meter. Berada di sebelah timur Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dekat danau Michigan dan Sungai Ohio. Dibangun tahun 2007 dan selesai 2009. Menelan biaya 300 juta dolar Amerika atau sekitar  tiga trilyun rupiah.  Arsiteknya Jeanne Gang, pendiri Studio Gang Architects. Desain gedung terinspirasi oleh batuan kapur lurik daerah Danau Besar di Amerika Utara. Bentuknya yang berliku-liku memberi efek memperluas pandangan dan memaksimalkan pancaran sinar Matahari. Permukaan  berliuk-liuk yang dari jauh  terlihat seperti riak gelombang itu adalah balkon-balkon yang terbuat dari beton. Balkon di setiap ruangan tidak sama. Ada yang lebar sekali bahkan ada yang sempit sekali. Konstruksi gebung unik ini luar biasa rumit. 

Batuan kapur Danau Besar


Aqua Tower

Balkon Aqua Tower












                                   







2. Chicago Spire USA
Gedung berbentuk pinsil dengan ujung seperrti cangkang siput  ini  rencananya dibangun di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, di muara sungai Chicago.  Didesain memiliki 150 lantai dengan ujung meruncing. Tinggi maksimal 610 meter. Pembangunan diserahkan kepada oleh Garrett Kelleher, dengan arsitek Santiago Calatrava SA. Rencaananya penghuni dan tamu hotel dapat menikmati pemandangan  indah bagian depan danau Michigan. Konstruksi dimulai tanggal 25 Juni 2007 dan  dijadwalkan selesai 2012.  Desain gedung terinspirasi dari kepulan asap api unggun yang biasa  dinyalakan oleh penduduk asli Amerika yang tinggal di muara Sungai Ohio. Pengerjaannya, setiap lantai gedung diuputar dua derajat, mulai dari bagian bawah hingga paling atas, sehingga membentuk sebuah menara yang meruncing, dengan tikungan 270 derajad dari dasar sampai atap.  Sayangnya  karena resesi ekonomi proyek ini dibatalkan pada tahun 2010. 

Chicago Spire
Chicago Spire









                      







3.  CCTV (TV Nasional Cina)
Bertempat di pusat bisnis utama di Beijing, Jalan Guanghua, Beijing, China.  Bagunan yang lebih mirip celana boxer raksasa ini memiliki 44 lantai, tinggi 234 meter (Dji Sam Soe). Angka tersebut bila dijumlahkan  menjadi bilangan 9 (angka yang dipercaya memiliki keberuntungan bagi  masyarakat China).  Desain gedung  yang bisa dibilang langka ini dibangun tanggal 1 Juni 2004,  disiapkan untuk Olimpiade Beijing 2008.  Kantor CCTV  mempekerjakan 10.000 orang dan memungkinkan  televisi China menyiarkan 200 saluran. Bangunan  dirancang oleh Rem Koolhaas dan Ole Scheeren. Pembangunan gedung menelan biaya 1,2 miliar dolar Amerika atau sekitar  12 trilyun rupiah.

CCTV China
CCTV China



        










4. Regatta Hotel Jakarta, Indonesia
Regatta Hotel dibangun dengan nuansa kelautan. Bangunan terdiri dari beberapa buah gedung berderet seperti parade kapal layar dan sebuah gedung utama yang mirip mercu suar. Hunian prestisius ini berlokasi di Pantai Mutiara Jakarta Utara, menghadap ke Laut Jawa.  Terdapat 10 menara apartemen, sebuah hotel taman air dan apartemen sewa. Luas area  11 hektare. Masing-masing  menara apartement diberi nama dengan nama kota-kota pelabuhan dunia, seperti Rio De Janeiro, Miami, Monte Carlo, Dubai, London, New York, Shanghai, Tokyo, Acapulco dan Sidney. Gedung dirancang oleh Tom Wright, Direktur WS Atkins Consultant, ialah konsultan arsitek dan tehnik  yang mendesain Burj Al Arab di Dubai.

Regatta Hotel
Regatta Hotel






   













5. Songjiang Hotel  Shanghai
Hotel mewah di balik air terjun ini dibangun di distrik Songjiang, dekat Shanghai, China. Kawasan ini mulanya adalah danau bekas penambangan yang sudah tidak digunakan. Songjiang Hotel memiliki 400 kamar hotel dan ruang konferensi yang mampu menampung 1000 orang. Dilengkapi dengan restoran, fasilitas olahraga dan ruang publik yang berada di bawah permukaan air. Arsiteknya dari Atkins Architects, mendesain gedung ini terispirasi dari fitur lanskap tambang yang berisi air.  

Songjiang Hotel
Songjiang Hotel

 


    









6 . Burj Khalifa Dubai  Uni Emirat Arab
            Gedung ini merupakan bangunan paling tinggi di dunia, dengan tinggi 828 meter. Dikenal dengan nama Burj Dubai. Menara ini berganti nama dengan Burj Khaliha Dubai karena untuk menghormati Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Arsitek dan tehnik dikerjakan oleh Skidmore, Owings and Merrill dari Chicago, dengan Adrian Smith sebagai arsitek kepala dan Bill Baker sebagai insinyur utama.  Pembangunan gedung dan area sekitarnya  menelan biaya 20 miliar dolar Amerika atau sekitar  200 trilyun rupiah. Konstruksi dimulai tanggal 21 September 2004, selesai tanggal 1 Oktober 2009. Bangunan ini resmi dibuka pada tanggal 4  Januari 2010. 

Burj Khalifa



Balkon Burj Khalifa



                     

7. Rumah Kediaman Antilia India
            Adalah kediaman pribadi seorang milyader asal India, Mukesh Ambani. Berlokasi di  Altamont Road, Cumballa Hill, Mumbai Selatan India. Antilia dibagun di atas tanah seluas 4.532 meter persegi. Rumah super mewah ini tercatat sebagai rumah paling mahal di dunia. Ditaksir harganya mencapai 1 milyar dolar Amerika atau sekitar 10 trilyun rupiah. Ruang parkirnya mampu menampung 168 mobil, ada 9 lift di lobi, ada landasan helikopter, pusat kesehatan, spa, yoga dan teater yang masing-masing mampu menampung 50 orang, terdapat beberapa kolam renang, terdapat 3 lantai taman gantung dan ada ballroom yang super mewah. Tiap lantai menggunakan material yang bervariasi. Disediakan ruamg es buat yang masih merasa kepanasan. Antilia dirancang oleh Perkins & Will dari Chicago.

Antilia

Ballroom Antilia
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : YBG